Indonesia merupakan salah satu negara yang memiliki nilai kekayaan alam hayati dan hewani yang berlimpah, diantaranya kekayaan alam hewani yaitu mempunyai plasma nutfah yang seharusnya dikembangkan dan dikelola dengan sebaik mungkin. Negri ini juga kaya akan sumber daya genetik, diantaranya berbagai jenis ayam lokal juga dimanfaatkan untuk dikonsumsi terutama ayam kampung. Pada pembahasan kali ini kita akan belajar membahas apa itu ayam KUB? keunggulan ayam KUB? dan peluang beternak ayam KUB?

Ayam Kampung Unggul Balitbangtan atau yang biasa dikenal dengan ayam (KUB) merupakan ayam kampung asli hasil inovasi dari Badan Litbang Pertanian Kementerian Pertanian. Ayam KUB memiliki keunggulan yaitu mampu bertelur lebih banyak mencapai 160-180 butir/ekor/tahun, memiliki bobot badan umur 20 minggu (±5 bulan) berkisar antara 1.200-1.600 gram, umur awal bertelur lebih awal sekitar 20-22 minggu dengan bobot telur 35-45 gram. Masa mengeram ayam yang berkurang hingga tinggal 10% sehingga ayam cepat bertelur kembali serta lebih tahan terhadap penyakit.

Cara Beternak Ayam KUB

Ayam KUB memiliki ciri-ciri yaitu:

  • Pada umur 0-1 bulan ayam KUB memiliki ciri khusus yaitu mata yang agak hitam, jengger pada anak ayam berbentuk seperti gerigi
  • Memiliki warna kaki yang cenderung bermacam-macam. Dan warna bulu ada yang berwarna kuning, kehitaman, dan kehijauan
  • Dibandingkan dengan ayam bangkok ayam kub sedikit lebih ringan.
  • Ayam kampung unggul memiliki bulu yang agak tebal dibanding dengan ayam bangkok

Ayam KUB merupakan salah satu jenis ayam yang mudah untuk diternakkan atau dipelihara karena ayam KUB tahan terhadap penyakit dan biaya pemeliharaannya yang terbilang ekonomis, salah satunya adalah manajemen pengelolaan pakan. Untuk manajemen pakan ayam KUB, yaitu peternak bisa memberikan pakan pabrikan seperti pur (511), yang diberikan pada umur 0-1 bulan atau pakan adukan, seperti bahan pakan yang terdiri dari bahan-bahan pakan seperti: dedak, jagung giling, sayur-sayuran, ampas tahu dan limbah pertanian lainnya, dan biasanya pakan adukan diberikan pada umur 1 bln sampai ayam siap panen.

KANDANG AYAM KUB

Untuk proses awal budidaya ayam KUB adalah dengan memilih cara budidaya yang paling tepat. Secara umum metode budidaya terdiri dari tiga jenis metode yakni:

  1. Cara intensif, ayam yang di budidayakan di dalam kandang secara penuh selama 24 jam. Tidak hanya untuk ayam dewasa biasanya pada anak ayam (DOC) juga berlaku yaitu dari umur 0-1 bulan dengan kandang khusus anakan.
  2. Semi intensif, cara paling tepat untuk proses budidaya ayam KUB. Dimana ayam tetap di lepas dalam sebuah lahan namun dengan diberikan pagar pembatas. Ayam tidak di kurung dalam kandang, dan mereka tetap dapat mencari makan dari makanan alam dan rumput.
  3. Cara ekstensif, budidaya dimana ayam diperlakukan secara tradisional dengan dilepas begitu saja.

Persiapan tempat

Untuk mempersiapkan tempat yang sesuai sebagai kandang adalah dengan lahan yang berlokasi 5-10 m dari tempat pemukiman. Bertujuan untuk mencegah bau-bau yang tidak sedap dan mencemari lingkungan tempat tinggal. Lahan yang dipakai adalah halaman tanah dan tidak di semen dalam artian masih seperti habitat asli ayam kampung. Keadaan alami seperti lingkungan asli ayam kampung akan mempercepat pertumbuhan dan proses panen ayam. Usahakan keadaan tanah dalam posisi yang datar.

Pembuatan kandang

Proses pembuatan kandang dilakukan dengan bahan, seperti menggunakan bambu, jaring, kawat dan kayu. Kandang dibuat menghadap ke arah timur agar sinar matahari dapat langsung masuk langsung ke dalam kandang. Sirkulasi udara dalam kandang haruslah lancar, kandang dibuat memiliki ventilasi yang cukup agar udara bisa keluar masuk. Hal ini akan membuat kelembapan kandang terkontrol dan amoniak dalam kandang juga berkurang, apabila hal ini tidak dikontrol dengan baik maka akan berimbas pada kesehatan ayam.

Persiapan alat yang dibutuhkan

Alat yang harus dipersiapkan yaitu, tempat makan, tempat minum, inkubator dan kotak untuk bertelur betina setelah kawin. Selain itu obat-obatan dan vaksin juga harus disiapkan sebagai antisipasi untuk menunjang kesehatan ayam, tempat penyimpanan vaksin atau berupa lemari pendingin harus tersedia untuk menyimpan vaksin-vaksin DOC. Penerangan berupa lampu akan memiliki fungsi ganda sebagai sumber energi juga sebagai penghangat.

PENCEGAHAN PENYAKIT

Penanganan penyakit adalah pengendalian dan sekaligus pembasmian penyakit untuk mengurangi kejadian penyakit menjadi sekecil mungkin, sehingga kerugian yang bersifat ekonomi dapat ditekan seminimal mungkin.

Cara pengelolaan kesehatan unggas:
• pemberian pakan yang bersih dan berkualits
• penggunaan bibit yang baik dan sehat
• pengelolaan serta penanganan penyakit

Cara pengendalian penyakit meliputi:
• Bersihkan kandang dan peralatan
• Ayam yang mati karena penyakit, dikubur dan dibakar
• Memberi obat cacing setiap 3 bulan sekali
• Menambahkan vitamin kedalam makanan dan air minum
• Tidak memberi pakan yang sudah berjamur atau kadarluasa
• Isolasi ayam yang sakit pada kandang karantina
• Bila terjadi wabah penyakit menular, kandang dan semua peralatan harus disucihamakan
• Laporkan ke petugas peternakan jika ada kematian ayam

Ayam kampung unggul ini memiliki keunggulan sebagai ayam kampung pedaging yang baik, karena pertumbuhannya yang begitu cepat yaitu dapat mencapai bobot badan 850 gr -1 kg pada umur 70 hari, di umur pemeliharaan 10-12 bulan ayam kampung unggul hampir sama dengan ayam kampung biasa.

Peminat atau permintaan ayam kampung unggul yang setiap tahun semakin meningkat, namun ketersediaannya yang masih jauh belum mencukupi, bahkan produsen tidak dapat memenuhi permintaan dari konsumen karena permintaan yang banyak dan ketersediaan ayam kampung unggul yang masih jauh belum mencukupi, dari segi ini dapat menjadi peluang yang besar bagi peternak pemula maupun wirausahawan yang mempunyai daya tarik membudidayakan ayam kampung unggul ini, dan peluang bisnis ini sangat cocok untuk kaum muda/mudi milenial yang masih bingung untuk mencari kerja, masih menganggur dan tidak tau mau melakukan usaha apa, jadi ini adalah kesempatan bagi muda/mudi untuk bergerak maju meningkatkan bahan pangan yang berkualitas yaitu dengan cara beternak ayam kampung unggul yang baik dan benar. Sekarang bibit ayam kampung unggul sudah banyak diperjual belikan, peternak pemula dapat membeli bibit ayam langsung ke peternak ataupun dipasaran.

Ayam KUB tidak hanya bisa dijadikan sebagai penghasil daging namun juga sangat baik dalam menghasilkan telur yang berkualitas, karena memiliki rasa daging dan telur yang lezat dan gurih, halus dan mudah dicerna oleh tubuh. Kandungan protein pada daging dan telur ayam juga tergolong tinggi, sehingga baik bagi anak-anak yang masih dalam masa pertumbuhan. Sebagian peternak juga membudidayakan ayam KUB dengan alasan sebagai hobi/kesenangan dan tentunya untuk menghasilkan rupiah.


Arteguh Alexsandro

Arteguh Alexsandro

Arteguh Alexsandro adalah mahasiswa Polbangtan Bogor Prodi D3 Kesehatan Hewan, Arteguh Alexsandro berasal dari Kab. Solok Selatan, Prov. Sumatera Barat. Arteguh Alexsandro Dapat dihubungi di email Arteguh_alexandro@gmail.com, Youtube: https://www.youtube.com/channel/UCU5egAVd3U8s3vjadfcqTkQ/