Olahan Susu Sapi Murni Kekinian

Susu sapi di Indonesia bukanlah minuman yang asing, sudah menjadi kegemaran masyarakat Indonesia dari anak-anak hingga orang dewasa. Tetapi, tampaknya semakin ke sini masyarakat mulai bosan dengan rasa susu yang terlalu biasa. Jadi, model produk seperti yang kemungkinan dapat menjawab kebosanan pasar saat ini?

Sebenarnya banyak sekali contoh produk turunan susu yang dapat kita hadirkan kepada masyarakat, dan ini bisa menjadi peluang bisnis untuk para pengusaha di bidang susu sapi murni.

Mari kita perhatikan 2 contoh di bawah ini:

1. Es Krim

Anda suka eskrim? Saya yakin produk yang satu ini tidak asing di telinga kita semua. Olahan yang menggunakan bahan baku susu adalah es krim, setidaknya dibutuhkan sekitar 5,45 kg susu sapi murni untuk membuat 0,45 kg es krim. Eskrim hanya mengandung 120-225 kalori dalam 1 cangkir, tergantung rasa dan merk es krim tersebut, Eskrim juga hanya menyumbang 10-15% kebutuhan lemak dan energi sehari-hari, tenang saja eskrim tidak menyebabkan kegemukan apabila di santap secukupnya.

es krim merupakan hasil olahan susu sapi murni

2. Keju

Berikutnya olahan susu sapi murni bisa di jadikan keju, untuk membuat 0,45 kg keju dibutuhkan minimal 4,5 kg susu sapi murni.

keju - jenis makanan olahan yang terbuat dari susu sapi

Masih banyak olahan susu sapi murni yang sangat digemari masyarakat di Indonesia, 2 contoh di atas mudah-mudahan bisa menjadi pemicu semangat para peternak sapi. Peluangnya sangat besar!

Hal-hal Yang Harus Ditingkatkan Oleh Peternak Susu Sapi Kita

Perlu di perhatikan juga kualitas susu jika ingin mengelolah susu sapi tersebut, apakah susu tersebut masih murni atau sudah tercampur bahan makanan lainnya, jika susu tersebut sudah tercampur dengan bahan lainnya maka akan mengurangi kualiatas produk saat di olah nanti. Tujuan peningkatan kualitas susu tersebut adalah untuk menarik lebih banyak lagi penggemar susu di Indonesia dan meningkatkan Kualitas susu murni kita.

Jadi, apa saja yang harus diperhatikan untuk menjaga kuliatas susu tersebut?

  1. Mengechek kuliatas susu sapi bisa menggunakan uji lab agar tahu kehigenisan susu sapi murni
  2. Perlu juga untuk memeriksa kehigenisan kemasan produk susu nya, karena awal yang orang sekitar tentang produk adalah kemasannya, maka dari itu penting untuk mengechek kembali kemasan produk tersebut.

Jadi ayo mengolah dan memproduksi susu sapi murni agar Indonesia bisa lebih sehat dengan si putih ini.


Avatar

Rizal Nanda Saputra

Rizal Nanda Saputra - Mahasiswa Politeknik Pembangunan Pertanian Bogor - rns050602[at]gmail.com - 085703210194